RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SABTU, 19 DESEMBER 2020

LUKAS 2:46-47

Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.

MENJADI PRIBADI YANG TAAT
Sejak penyingkiran ke Mesir sampai Yesus berusia dua belas tahun, kita hanya mengetahui sangat sedikit tentang aktivitas Sang Juruselamat. Kitab Suci mengatakan kepada kita bahwa Dia bertumbuh besar dan menjadi kuat dan dipenuhi dengan hikmat dan kasih karunia. Selain ini, kita tidak tahu apa-apa. Merupakan kebiasaan Maria dan Yusuf untuk pergi ke Bait Allah setiap tahun pada Hari Raya Paskah. Laki-laki harus pergi ke Bait Allah, tetapi perempuan tidak diwajibkan. Meskipun perjalanan dari rumah mereka ke Yerusalem panjang, sulit, dan mahal, Maria dan Yusuf, meskipun miskin, selalu pergi. Kisah ini sangat kita kenal. Mengira bahwa Yesus ada bersama mereka, Maria dan Yusuf mulai pulang ke rumah bersama kerabat dan teman lainnya. Setelah melakukan perjalanan selama sehari, mereka tiba-tiba mendapati bahwa Yesus ternyata tidak ada dalam kelompok yang seperjalanan bersama mereka. Maka, mereka kembali untuk mencari Dia. Setelah mencari selama tiga hari, mereka menemukan Dia di Bait Allah dan sedang melakukan perdebatan teologis dengan guru-guru Taurat yang paling bijaksana dalam segenap Yudaisme. Setiap orang takjub menyaksikan Dia yang secara manusiawi masih seorang anak. Ketika ditanya oleh ibu-Nya, Dia mengingatkan ibu-Nya bahwa Dia harus memenuhi hal-hal yang telah ditetapkan oleh Allah Bapa. Maria dan Yusuf tidak mengerti jawaban Tuhan. Tetapi Dia kembali bersama mereka dan menjadi anak yang taat, yang diperkenan oleh Allah Bapa maupun orang-orang yang mengenal Dia di dunia. Ini adalah nasihat yang kuat bagi anak-anak untuk menaati orang tua mereka. Yesus menundukkan diri-Nya kepada Maria dan Yusuf meskipun faktanya Yusuf bukanlah ayah-Nya, dan baik Maria maupun Yusuf tidak dapat benar-benar memahami-Nya. Anak-anak harus taat kepada orang tua mereka. Ini adalah teladan yang diberikan oleh Kristus.

BE.232:2 “Sian Sude Parulian na Arga”
Naeng ho pistar? Sai dapothon Tuhanmu/ Nasa na hurang sai boan tusi/ Tu pamodaiNa paunduk rohamu/ Asa tiur sasude bogasmi/ Tangkup Tuhanmu tung tiop hataNa/ Sai pangasahon ma bagabagaNa

Doa
Ya Allah Bapa, ajar aku menjadi pribadi yang taat dan beroleh hikmatMu agar hidupku penuh kelimpahan

Selamat beraktivitas hari ini
Tuhan Yesus memberkati
Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *