RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, RABU, 20 JANUARI 2021

Yeremia 2:21
Namun Aku telah membuat engkau tumbuh sebagai pokok anggur pilihan, sebagai benih yang sungguh murni. Betapa engkau berubah menjadi pohon berbau busuk, pohon anggur liar!

JANGAN MENOLAK PILIHAN ALLAH

Menurut Mazmur 14:1, orang bebal menganggap Allah tidak ada. Bebal tidak sama dengan bodoh secara intelektual. Bebal adalah sikap orang yang keras kepala, tidak mau diajar, dan lebih memilih yang menyenangkan daripada yang benar. Itulah sikap yang ditunjukkan Israel. Kadang setia kepada Allah yang telah mengasihi dan memelihara mereka, Israel memilih sesembahan yang lain. Israel merasa ikatan perjanjian yang nenek moyang mereka adakan dengan Allah itu adalah ikatan perbudakan dengan berbagai peraturan dan larangan. Padahal Perjanjian Sinai adalah pernyataan kasih Allah sebagai Bapa kepada anak-anak-Nya, Israel. Kasih Allah Bapa dinyatakan lewat pilihan-Nya atas Israel yang membuat Israel menjadi pokok anggur pilihan-Nya. Israel memilih bebas dari Allah supaya bisa memuaskan keinginan dosanya. Pada saat yang sama mereka menyangkal telah melanggar firman Tuhan dan berbuat dosa. Sehingga mereka berubah menjadi pohon anggur berbau busuk dan anggur liar. Mereka sangat mengecewakan Allah. Sikap bebal yang sama kadang kita tunjukkan ketika kita lebih memilih mengikuti keinginan daging kita daripada taat firman Tuhan. Kompromi-kompromi iman yang kita lakukan, misalnya dengan ikut-ikutan cara dunia dalam mengelola gereja, menjadikan ibadah gereja lebih menyerupai pertunjukan para selebritis, penyelewengan dari kemurnian ibadah kepada Tuhan. Hal-hal seperti itu akan mendatangkan murka Allah dan dengan sendirinya tidak mendatangkan berkat untuk orang lain. Kebodohan terbesar manusia adalah menyangka dia bisa hidup menurut aturan diri sendiri di dalam dunia milik Allah.

BE.518:3 “Marsinondang di baen Jesus
Haholomon manghukhupi toropan di tano i ,tung torop manghalungunhon, sondang tu dalanna i tapagalak palitonta, tapatiur dalan i
Ai torop dope na lilu, sai hatop ma mulak i

DOA
Tuhan, kami mau menjadi pokok anggur pilihanMu yang selalu hidup sesuai dengan FirmanMu. Amin

Selamat Pagi dan Selamat Beraktifitas
Tuhan Yesus Memberkati
Bvr.Lambok Parapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *