RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SENIN, 25 JANUARI 2021

Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: “Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku, “dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. Sela” (Mzm.32:5)

MENGAKU SALAH DIHADAPANNYA

Proses penegakan hukum di era teknologi dan informasi seperti saat ini sangatlah rumit. Di satu sisi, hal yang salah bisa menjadi benar apabila didukung oleh mayoritas orang. Dan hal benar bisa menjadi salah bila ditentang oleh mayoritas orang. Akan tetapi, kita sebagai umat percaya harus tetap bersikap benar sesuai dengan firman Tuhan. Konteks firman Tuhan saat ini merupakan kesaksian dari Daud tentang pergumulannya akan dosa yang telah dilakukan ketika dia tidak dapat mengendalikan dirinya. ketika ia jatuh hati kepada Batsyeba, sehingga dengan sengaja merencanakan kematian Uria di medan perang. Rasa bersalah membayangi Daud sekian waktu lamanya setelah Tuhan menunjukkan amarah-Nya pada Daud. Bagi seluruh anggota kerajaan, hal itu tidak masalah, karena seorang raja memiliki kewenangan apapun di dalam tugasnya. Akan tetapi, Daud tidak dapat bersembunyi dari Tuhan. Karena itu, di dalam rasa menyesalnya, Daud tetap berupaya terhubung dengan Tuhan. Ia mengakui sejujurnya kesalahan dosanya di hadapan Tuhan. Sampai di suatu saat, rasa penyesalan Daud diterima oleh Tuhan.  Saat itulah, Daud bermazmur dan bersukacita karena Tuhan mau mengampuni kesalahannya.Hal yang dapat kita refleksikan dari firman Tuhan saat ini adalah pentingnya mengakui seluruh dosa pelanggaran kita kepada Tuhan secara terbuka. Kita jangan pernah mencari alasan untuk menghindari atau membela diri atas dosa yang kita lakukan. Ketika kita dianugerahkan-Nya pengampunan dosa itu, maka hidup kita akan kembali bersukacita di dalam Tuhan.

BE.NO 683:1 Diadopanmu Jesus

DiadopanMu Jesus,lea tutu do diringkon.dibaen godang ni dosangkon diadopanMu Jesus

DOA
Ya Tuhan, kami adalah orang berdosa yang sebenarnya tidak layak di hadapan-Mu. Berilah kami pengampunan sesuai dengan janji kasih anugerah yang Engkau berikan pada kami.Amin.

Selamat pagi dan selamat beraktifitas

TUHAN MEMBERKATI
Bvr.Relita Simangunsong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *