RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, JUMAT, 29 FEBRUARI 2021

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.” (Lukas 6:27-28).

DENGAR DAN LAKUKAN

Berbicara dan mendengar tampaknya adalah perkara yang mudah. Tetapi pernahkah kita merasakan bahwa banyak hal yang terjadi saat kita salah berbicara dan salah mendengar? Ya, kita menjadi salah mengerti. Kesalahpengertian itu juga sering menjadi alasan retaknya suatu hubungan di antara manusia. Kita pun perlu belajar bagaimana caranya agar kita dapat mengerti kondisi orang lain, agar tidak terjadi keretakan di dalam relasi dan komunitas. Sebab fatal sekali apabila relasi itu sampai retak bahkan patah. Itu menyebabkan kita memiliki musuh yang baru. Sehingga akan semakin banyak yang akan tidak mengerti kita dan membenci kita. Cara yang terbaik yang Yesus Kristus tawarkan kepada kita adalah dengan mendengarkan-NYa, untuk memperoleh pengertian yang baru bahwa “mengasihi musuh dan berdoa bagi musuh” adalah cara yang ampuh untuk memperbaiki keretakan relasi yang terjadi. Dalam firman Tuhan hari ini, kita diajak untuk belajar mendengarkan Yesus Kristus dan kita melakukan perkataan-NYa. Sebab, hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Mengasihi orang yang membenci kita dan meminta berkat bagi orang yang mengutuk kita, tampaknya adalah pekerjaan yang paling sulit. Tetapi Yesus Kristus meminta kita untuk berdoa dan mendengarkan-Nya. perkataan Yesus Kristus ini mudah didengarkan namun sulit dilakukan. Sehingga ketika kita berdoa bagi orang yang mencaci kita, ada pengampunan. Yesus akan mengangkat kebencian dari hati kita dan perlahan musuh kita akan melihat kasih itu. Maka dengan pekerjaan Kristus, relasi akan dipulihkan sehingga ada perdamaian, Amin.

BE.No.481:1 “Godang dope siguruhononmi”
Godang dope siguruhononmi, asa tudos ho dohot Tuhami, sai tong na hurang hatigoranmi, sotuk dope haporseaonmi, dirim sambing di haholongi ho, donganmu laos di halupahon ho.

DOA
Tolonglah kami agar kami lebih banyak mendengarkan perintahMu, Amin.

Selamat pagi dan selamat beraktifitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *