RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SABTU, 06 FEBRUARI 2021

Yeremia 1:19
”Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN.”

HIDUP DALAM PENYERTAAN TUHAN
Yeremia adalah anak imam Hilkia dari Anatot.  Ia menerima panggilan Tuhan menjadi nabi saat usianya masih sangat belia, bahkan Alkitab menyatakan bahwa Tuhan telah memilih dia sejak masih dalam kandungan ibunya (ay.5) Respons Yeremia terhadap panggilan Tuhan ini tidak jauh berbeda seperti Musa tatkala dipanggil memimpin bangsa Israel, yaitu merasa belum siap dan tidak memiliki rasa percaya diri. Jika Tuhan turut bekerja, usia muda bukanlah halangan untuk dipakai menjadi alat kemuliaan-Nya, melainkan merupakan anugerah dan suatu keistimewaan beroleh kesempatan dan kepercayaan dari Tuhan. Masa pelayanan Yeremia sebagai nabi adalah masa-masa yang sangat sulit, karena pada waktu itu bangsa Israel sedang mengalami kemerosotan rohani:  ketidaktaatan, kejahatan, kedurhakaan, penindasan dan berbagai jenis penyimpangan terjadi di mana-mana.  Yeremia menggambarkan bangsa Israel seperti isteri yang tidak lagi setia kepada suaminya, melakukan perzinahan. Tugas teramat berat dan berresiko harus diemban Yeremia, di mana ia harus berani melawan arus orang-orang kebanyakan yang tidak taat demi menegakkan kebenaran. Dengan kekuatan sendiri mustahil Yeremia mampu, tapi Tuhan  “…mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN berfirman kepadaku: ‘Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataan-Ku ke dalam mulutmu.'”  (Yer.1:9). Hal ini juga berlaku dalam kehidupan kita. Ketika kita menghadapi bermacam masalah dan pergumulan atau bahkan banyak orang yang memusuhi kita karena kebenaran, hanya Tuhan yang bisa kita andalkan. Tuhan memberikan kekuatan dan kemampuan bagi kita menghadapi segala dinamika hidup kita.

BE.184:1 “Nunga Tung Jumpang Au Ojahan”
Nunga tung jumpang au ojahan Ni tondingki na mago I. Mudar ni Jesus do manahan Saleleng ni lelengna I. Nang mago pe portibi on Tongtong dohot ojahan on.

DoaKita dijagaNya
“PenyertaanMu yang Tuhan kiranya menyertai hidupku agar aku mampu dan kuat melangkahkan kakiku dalam hidup ini. Amin

Selamat beraktivitas hari ini
Tuhan Yesus memberkati
Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *