RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, RABU, 17 FEBRUARI 2021

“Tetapi aku, Engkau menopang aku karna ketulusanku, Engkau membuat aku tegak dihadapan-Mu untuk selama-lamanya. “(Mazmur 41:13).

TANGAN KUATNYA MENOPANGKU

Sebuah kalimat bijak mengatakan, “Kita tidak bisa melarang burung terbang di atas kepala kita, tetapi kita bisa mencegah burung bersarang di atas kepala kita”. Artinya, kita tidak bisa mencegah persoalan datang kepada kita, tetapi kita bisa mencegah persoalan itu,untuk tidak melumpuhkan kita. Itulah yang Daud persaksikan bagi kita, ketika Daud mengalami persoalan yang bertubi-tubi datangnya.Terkait penderitaannya karena sakit, Daud tetap percaya bahwa Tuhan “membantu dia di ranjangnya waktu sakit; di tempat tidurnya Kaupulihkannya sama sekali dari sakitnya” (ay.4). Meski sakit, ia masih bisa berharap kesembuhan dari Tuhan. Sakit fisiknya masih tidak seberapa dibandingkan sakit hati yang ia rasakan karena orang-orang di sekitarnya. Daud mengalami hal itu saat orang datang menjenguknya, tetapi hati mereka penuh dusta dan kejahatan. Ia ungkapkan perasaan itu lewat kalimat, “sahabat karib yang kupercayai…telah mengangkat tumitnya terhadap aku” (10). Mereka mengira Daud tidak akan selamat dari sakit jasmaninya dan tidak akan bangkit lagi. Selama Tuhan masih besertanya, Daud tahu bahwa ia masih punya penolong yang setia, sehingga ia dengan iman dapat berkata, “Tetapi aku, Engkau menopang aku karena ketulusanku, Engkau membuat aku tegak di hadapan-Mu untuk selama-lamanya. Terpujilah Tuhan, Allah Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya! Amin, ya amin” (13-14). Ingatlah tangan Tuhan tidak kurang kuat untuk menopang seluruh persoalan hidup kita, selama kita masih memiliki ketulusan hati dan percaya kepada-Nya maka Tuhan akan menegakkan tiap langkah kaki kita.

BE.No.149:3 “Ho tongtong ihuthononku”
Manang aha pe na masa,las ni roha arsak pe, tioponku Ho na basa na marholong roha pe, tung saleleng au mangolu, nang dung suda bohalhon, ingkon Ho o sipangolu pujionku sai tongtong.

DOA
Oleh pertolongan dan penyertaan tangan Tuhan, aku akan menjalankan hidupku dalam ketulusan dan kepercayaan kepada-Mu. Amin.

SELAMAT PAGI DAN SELAMAT BERAKTIFITAS

TUHAN MEMBERKATI
Bvr.Relita Simangunsong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *