RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SELASA, 23 FEBRUARI 2021

MAZMUR 17:15

”Tetapi aku, dalam kebenaran akan kupandang wajah-Mu, dan pada waktu bangun aku akan menjadi puas dengan rupa-Mu.”

MEMANDANG WAJAH-MU

Apakah hidup anda sedang tertekan? Jika ya, apa yang anda lakukan untuk menghadapinya? Sepertinya kita kita mesti belajar dari nas hari ini. Pemazmur yakni Daud, sedang tertekan hidupnya oleh musuh-musuhnya. Ketika itu terjadi, dia mencari Allah demi perlindungan dan pembebasan. Saat memandang dan melihat wajah ALLAH, pemazmur merasa ketenangan dalam jiwanya. Bagaimanakah cara pemazmur agar jiwanya merasakan kepuasan di dalam memandang wajah TUHAN? Memperkuat persekutuan dengan orang-orang benar. Pergaulan yang baik membangun kebiasaan hidup yang benar (bnd. 1Kor. 15:33). Kemudian memusatkan mata hati untuk senantiasa memandang kepada Allah. Mata hati yang benar akan mengarahkan kita pada jalan hidup yang benar. Bila fokus mata hati kita salah, sesatlah jalan kehidupan kita. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan ini kita akan selalu membutuhkan pertolonganNya. Tidak berhenti sebatas membutuhkanNya, tetapi mulailah bertumbuh menjadi pribadi yang mengasihiNya. Karena hanya wajahNyalah yang dapat memuaskan diri kita. Saat bangsa Israel berjalan di padang gurun selama 40 tahun, setiap hari tangan Tuhan terulur bagi mereka. Pertolongan-Nya selalu nyata, tetapi semua itu tidak dapat memuaskan mereka. Hasrat untuk kembali ke “tanah perbudakan” lebih besar daripada pergi menuju “tanah perjanjian”. Berbeda dengan Musa yang berfokus pada wajah Tuhan. Musa tidak memiliki hasrat sedikitpun untuk kembali ke Mesir. Saat masa lalu begitu menarik dan sangat menggoda, maka itu hanya menunjukan bahwa kita sebenarnya belum memandang wajah Tuhan. Karena itu, carilah wajah-Nya “selalu”, karena hanya wajah-Nya yang dapat memuaskan kita.

BE.18:1 “Ungkap Bahal Na Umuli”

Ungkap bahal na umuli, bagas ni Debatangki Ai tusi do au naeng muli, ganup jumpang Minggu i Hulului do disi, bohi ni Debatangki

Doa

“Ya Allah Bapa, biarlah setiap menjalani hidup ini, aku selalu memandang wajahMu untuk menggapai perlindungan dan damai sejahtera. Amin”

Selamat beraktivitas hari ini

Tuhan Yesus memberkati

Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *