RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, RABU, 10 MARET 2021

“Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia”.Yohanes 1:16

KASIH KARUNIA ALLAH

Kalimat ”Dari kepenuhanNya lah kita menerima kasih karunia”. Artinya bagaimanakah kita merasakan kasih karunia tersebut? Adalah dengan kepenuhanNya. Kepenuhan Roh Allah dan kepenuhan FirmanNya. Orang dapat mengambil apa saja yang ada dalam hidup kita, tapi Roh Allah tidak akan pernah bisa diambil dari hidup kita, karena Roh Allah akan datang kepada orang-orang yang dipilihNya. Selama ada Roh Allah dalam kita maka kita akan dibuat mengerti akan firmanNya dan melakukannya dalam hidup kita. Hampir seluruh isi injil Yohanes adalah ‘kasih karunia’. Semua berpusat pada Yesus, Allah yang hadir melaluiNya, Firman yang menjadi daging. Allah yang mau mewujudkan relasi secara utuh dengan manusia meski salib adalah resikonya. Kata kuncinya adalah ‘kehadiran Allah secara penuh di dalam Yesus Kristus’. Jadi Kasih karunia yang jauh lebih berharga yang kita terima dari Allah adalah Keselamatan. Untuk keselamatan kita Dia telah mengorbankan AnakNya Tuhan Yesus Kristus untuk menebus kita dari kematian kepada kehidupan yang kekal. Kasih karunia yang sangat tinggi harganya, yang tidak dapat dibeli dengan uang, atau perbuatan baik. Tidak semua orang mengerti akan hal ini. Hanya orang percaya kepada Tuhan Yesus saja yang dibuat mengerti dan mengakuinya di dalam hidupnya. Kedatangan Kristus memberikan pengharapan baru karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia. Kita diselamatkan bukan karena melakukan hukum Taurat atau melakukan perbuatan baik, tetapi karena kasih karunia Allah dalam Yesus Kristus yang kita terima dengan iman. Tetapi di dalam kasih karunia-Nya kita telah diciptakan baru untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan-Nya sebelumnya, dan Ia mau supaya kita hidup di dalamnya. Di dalam Kristus kita memiliki pengharapan baru, sebab kita yang telah menerima kasih karunia Allah akan terus hidup di dalam kepenuhan kasih karunia-Nya. semua kita telah menerima kasih karunia demi kasih karunia, sepanjang hidup kita. Walaupun saat ini kita harus mengalami hidup dengan berbagai persoalan, kesulitan dan masalah, namun percayalah bahwa Allah selalu ada untuk kita, dimana saja dan kapan saja. Allah akan terus mengasihi kita di dalam Yesus Kristus. Marilah kita datang kepada Tuhan Yesus Kristus, mengalami Yesus dalam hidup kita akan membuat kita lebih menyadari kasih karunia itu dan menguatkan kita menjalani hidup ini.

BE.492:1 “Na mora tutu”
Na mora tutu,sangap damang i, Ibana nampuna sude arta i, nang sere nang perak nang hepeng sude, tapuji Ibana unduk hita be, anakhonNa do au, anakhonNa do au dibaen Tuhan Jesus anakhonNa do au.

Doa
FirmanMu mengingatkan kami agar selalu mensyukuri segala berkat yang telah kami terima dalam hidup kami, terlebih kasih karuniaMu melalui pengorbanan AnakMu Tuhan Yesus Kristus.Amin

SELAMAT PAGI DAN SELAMAT BERAKTIFITAS

TUHAN MEMBERKATI
Bvr.Relita Simangunsong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *