RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SENIN, 19 APRIL 2021

1 YOHANES 3:23

“Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita.

SALING MENGASIHI

Saling mengasihi berarti ada dua pihak yang saling memberi kasih. Tidak bertepuk sebelah tangan. Kasih itu bergayung sambut. Saling mengasihi itulah perintah Allah. Allah memerintahkan kita melakukan dua perkara, yakni:1. percaya akan nama Yesus Kristus, Anak Nya; dan 2. saling mengasihi. Jika kita telah melakukan perkara yang pertama percaya, kita pun harus melakukan perkara kedua mengasihi. Allah mengaruniakan kasih itu kepada kita, Iapun mengaruniakan satu perintah kasih. Allah terlebih dahulu memberi kita kasih itu, kemudian baru memberi kita perintah agar kita saling mengasihi. Hari ini kita harus saling mengasihi menurut kasih dan perintah kasih yang telah Allah karuniakan. Oleh sebab itu kita harus mempergunakan sifat kasih yang Allah berikan di dalam kita ini, janganlah merusak dan melukainya. Dikatakan selanjutnya dalam 4:7-8 “Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang Yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barang siapa tidak mengasihi, ia ‘tidak mengenal Allah, sebab Allah. adalah kasih.” Mengapa kita harus saling mengasihi? Sebab kasih berasal dari Allah. Orang yang mempunyai kasih semuanya lahir dari Allah, dan yang tidak mempunyai kasih tidak mengenal Allah, sebab Allah itu sendiri adalah kasih. Tatkala Allah melahirkan kita Ia pun melahirkan kasih ke dalam kita. Dahulu dalam kita tanpa kasih, tetapi hari ini dalam kita ada kasih yang berasal dari Allah. Setiap orang yang lahir dari Allah, Allahpun melahirkan kasih kedalamnya. Allah mengaruniakan kasih kepada saya juga kepada anda, karenanya kita dapat saling mengasihi. Karena itu, teruslah bangun hidup saling mengasihi selama kita ada di dunia ini.

BE.NO. 123:1 Ale dongan nasaroha
Ale dongan na saroha manjalahi dame i, dompak Jesus tapasada holong ni rohanta i, ai Ibana do ulunta hita do ruasNai, Tuhan Jesus do gurunta hita siseanNa i.

DOA
Terimakasih buat kasih setiaMu yang selalu ada dalam hidup kami, dan ajarilah kami supaya selalu hidup saling mengasihi. Amin.

SELAMAT PAGI DAN SELAMAT BERAKTIFITAS

TUHAN MEMBERKATI

Bvr.Relita Simangunsong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *