YUK, JADI PRIBADI SETIA!

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Kamis, 29 April 2021

WAHYU 3:11

“Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.”

Ayat hari ini adalah bagian dari tulisan Yohanes untuk jemaat di Filadelfia. Tuhan Yesus memuji jemaat Filadelfia karena kesetiaan iman mereka. Jemaat itu dinilai setia menuruti firman Tuhan dan tidak menyangkal nama Tuhan, tekun menantikan Tuhan. Walau kekuatan mereka tak seberapa, mereka tidak menyerah terhadap gangguan orang Yahudi, mereka tidak menganggap bencana alam sebagai ketidakadilan Allah, seperti sering kita dengar bila orang mengalami kesusahan karena bencana alam. “Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu”. Orang yang setia dan berpegang teguh serta berpengharapan pada Tuhan akan mendapat mahkota kehidupan dari Tuhan. Namun bukan tidak mungkin dalam perjalanannya akan mendapat pencobaan, kesukaran yang berakibat lepasnya mahkota kehidupan itu. Karenanya setiap orang harus tetap berjuang memegang teguh serta bersungguh dalam iman, kepercayaan dan pengharapan pada Tuhan Yesus. Perjuangan ini harus dijalani sampai akhir walau banyak rintangan. Jangan berhenti atau menyimpang ditengah jalan, harus selesai sampai di akhir tujuan. Dalam menghadapi cobaan ini Tuhan Yesus memberi dorongan, kataNya:  “Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu,…”. Bagi orang yang setia dan tekun dalam iman kepada Tuhan akan mendapat pertolongan dari Tuhan sendiri, Dia akan membukakan jalan dan tidak seorangpun dapat menghalangi jalan orang percaya meraih mahkota kehidupan yang kekal, Tuhan sendiri yang akan mematahkan usaha / rancangan yang mencoba menghalangi jalan orang percaya, orang yang setia dan tekun akan terhindar dari bahaya, Yesus berada di depan dan menghalau segala tantangan, cobaan dan bahaya. Kita akan mengalami pencobaan, penghinaan, karenanya kita diminta untuk peka (dengar-dengaran) terhadap suara Tuhan Yesus dan teguh memegang mahkota kehidupan kita. Pencobaan, penghinaan akan berakhir dan barang siapa yang mampu setia kepada Tuhan Yesus sampai akhir akan mendapat kemenangan dan kesempurnaan mahkota kehidupan. Amin.

BE.785:3 “Alo Pangunjunan”

Tumpal diparade Debata di ho, Tu sude na monang di portibi on. Kristus pamalumhon, pahisarhon ho, Jesus pangasahon, ingkon monang ho. Jalo pangurupion sian Tuhanta Jesus, Dapot ho hagogoon mandopang musu i

Doa

“Ya Allah Bapa, ajarlah aku untuk setia dan berpegang teguh dalam iman kepadaMu. Bimbinglah aku sampai akhir perjuanganku untuk mendapat mahkota kehidupan yang Kau janjikan padaku. Amin.

Selamat beraktivitas hari ini

Tuhan Yesus memberkati

Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *