RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SENIN 10 MEI 2021

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.” Matius 7:7

Nas renungan hari ini sudah sangat sering kita dengarkan, bahkan nats ini juga sudah dijadikan lirik dari lagu, membuat kita tidak merasa asing lagi ketika mendengarkan bunyi dari Matius 7 : 7 ini. Ada tiga kata sebagai perintah di dalamnya, yaitu, Mintalah, carilah dan ketoklah. Meminta.mengandung arti kesadaran akan kebutuhan dan kepercayaan bahwa Allah mendengarkan doa kita. Mencari menunjukkan permohonan yang sungguh-sungguh disertai dengan ketaatan pada kehendak Allah. Mengetok menunjukkan adanya dalam menghampiri Allah sekalipun Ia tidak menjawab dengan segera. Sebagai orang percaya, yang mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dalam hidup, tentu kita sering bahkan selalu berdoa kepadaNya. Ketika kita memiliki masalah, pergumulan, bahkan duka, kita pasti berseru kepaNya, berdoa dan bersujud, memohon kiranya Dia melepaskan kita dari semua penderitaan atau pergumulan kita. Demikian juga ketika kita menginginkan atau mengharapkan sesuatu, kita juga memintanya kepada Tuhan, memohon kepadaNya supaya Dia mewujudkan setiap permohonan kita.Namun sering Sekali kita lupa tentang berdoa yang sesungguhnya, tentang berdoa dengan kesungguhan sebagai seseorang yang benar-benar mengenal Tuhan dalam hidupnya. Renungan hari ini merupakan kunci hidup didalam Tuhan.Tuhan tau apa yang kita perlukan bahkan sebelum kita meminta kepadanya (Mat 6 : 8). Tetapi kenapa Yesus mengajarkan kita melaui khotbahnya di Bukit, yaitu Matius 7 : 7 ini untuk meminta, mencari, dan mengetok? Sebenarnya hal ini ingin membuktikan apakah kita sebagai orang percaya yang sungguh-sungguh dan benar-benar mengenal Dia yang kita sembah sebagai Tuhan. Karena ketika kita berdoa (meminta, mencari dan mengetok) itu karena kita tahu, kenal kepada siapa kita meminta. Sering kali kita mendengar bahwa berdoa adalah napas orang Kristen, maka coba kita perhatikan nas renungan hari ini, bahwa ini bukan hanya sekedar ajakan untuk berdoa namun nas ini sebagai perintah, yaitu kewajiban yang harus dilaksanakan. Karena itu setiap orang yang mengaku Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dalam hidupnya, haruslah senantiasa meminta, mencari dan mengetok. Dengan kata lain harus terus-menerus dilakukan sebagai gaya hidupnya.
Di ayat 8 dikatakan “karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.” Nats ini memberikan kita pelajaran berharga, bahwa Allah akan memberikan kepada kita yang selalu berdoa dengan tekun. Setiap doa yang dilaksanakan dengan tekun pasti akan mendapat jawaban. Doa adalah bukti penyerahan kita kepada Tuhan. Marilah kita tekun berdoa, baik atau tidak baik keadaan kita. Amin.

BE.813:1 Pangido hamu ma
Pangido hamu ma, sai na lehononna do tu hamu, lului hamu ma, sai na jumpangan do hamu, sai tuktuhi hamu ma sai na ungkaponNa do di hamu, angka pangidoan muna, disarihon Debata mu.

DOA
Ajarlah kami agar tetap bertekun dalam doa, meminta, mencari dan mengetok hanya kepadamu saja. Dan kami pun percaya bahwa apa yang Engkau berikan dalam hidup kami adalah yang sesuai dengan yang kami butuhkan.Amin.

SELAMAT PAGI DAN SELAMAT BERAKTIFITAS

TUHAN MEMBERKATI
Bvr.Relita simangunsong

SALAM SEHAT😷

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *