RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SELASA 11 MEI 2021

“Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang” Yakobus.1:6a.

Meminta kepada Tuhan atau berdoa kepada Tuhan adalah suatu hal yang dilakukan oleh orang percaya. Namun adakalanya di dalam doa yang diucapkan terkadang ada keraguan atau merasa mustahil akan terjadi. Padahal dengan berdoa kita meyakini bahwa kita menyerahkan segala persoalan hidup kita kepadaNya tetapi terkadang tidak yakin dengan penyerahan diri kita tersebut. Ada keraguan, kekhawatiran atau bahkan tidak percaya sama sekali. Firman Tuhan hari ini melalui Yakobus berkata bahwa jikalau kita meminta sesuatu, maka kita harus meminta dengan iman. Artinya kita harus meminta kepada Tuhan dalam iman yang benar yaitu tanpa ada keraguan.Yakobus juga mengajarkan bahwa orang- orang percaya haruslah tetap memiliki iman yang teguh baik dalam keadaan suka maupun dalam keadaan duka. Dengan demikian maka orang percaya tidak lagi bimbang, tidak lagi ragu – ragu atau plin plan tetapi yakin dengan apa yang diminta. Ketika orang percaya masih bimbang dan ragu dalam meminta kepada Tuhan hal tersebut menjadi suatu bukti bahwa iman kita tidak cukup kuat percaya kepada Tuhan. Dalam nas ini Yakobus mengibaratkan orang yang bimbang dalam imannya seperti orang yang diombang ambingkan dilautan yang tidak punya kepastian atau tidak punya tujuan sama sekali. sedangkan Hidup orang percaya berarti harus mempunyai iman yang teguh kepada Tuhan dan iman yang teguh itu diperoleh dalam hidup yang selalu berpegang akan Firman Tuhan yang menghidupi Firman Tuhan dalam hidupnya. Orang yang beriman teguh adalah yang tinggal didalam Tuhan. Dalam Yoh 15 : 7 dikatakan ” Jikalau kamu tinggal didalam Aku dan firmanKu tinggal didalam Kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya. Doa orang benar bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya. ( Yakobus 5 : 16). Oleh karena itu milikilah iman yang teguh, krn Dia sanggup menolong kita. Dengan iman yang teguh mari kita menantikan janji Tuhan sebab waktu Tuhan adalah yang terbaik. Amin.

BE.432:1 sian hurungan ni dosangki
Sian hurungan ni dosangki, ro au tu Ho, ro au tu Ho, tu haluaon ni mudarMi, Jesus au ro tu Ho, nasa rohangku malum hipas, gabe mamora nangpe pogos, sian jeangku ro au tu Ho, Jesus au ro tu Ho.

DOA
Ajarlah kami ya Tuhan senantiasa memiliki iman yang teguh dan jauhkanlah kami dari segala keraguan karena kami tau Tuhan pasti menuntun hidup kami, Amin.

SELAMAT PAGI DAN SELAMAT BERAKTIFITAS

TUHAN MEMBERKATI

SALAM SEHAT😷🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *