LEBIH BERGUNA BAGI KITA

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Senin, 17 Mei 2021

YOHANES 16:7

“Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.”

Bagaimana perasaan Anda jika ditinggalkan selamanya oleh orang yang kita hormati dan kasihi? Pasti kita dilanda kesedihan mendalam. Apalagi diperhadapkan dengan wabah Covid 19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Banyak saudara kita, orang terdekat kita telah mendahalui kita. Beberapa orang mungkin merasa kehilangan pegangan. Apalagi kalau kepergian itu mendadak. Dalam nas renungan hari ini digambarkan bagaimana Tuhan Yesus menyadari pelayananNya di bumi takkan berlangsung selamanya, Dia akan pergi. Karena itu, jauh-jauh hari, Tuhan Yesus memberitahu para muridNya bahwa Dia akan meninggalkan mereka. Para Murid terindikasi akan kecewa dan menolak, sehingga Tuhan Yesus mengatakan, adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Dia tidak pergi, Penghibur tidak akan datang. Di sini Tuhan Yesus menyingkapkan tentang keberadaan Allah Tritunggal. Yesus akan pergi kepada Bapa, sementara Roh Kudus akan turun. Jadi, penyertaan Tuhan tetap berlaku. Kata Yunani yang diterjemahkan sebagai Penolong adalah Parakletos, yang secara harafiah berarti pribadi yang mendampingi atau memberi pembelaan. Itulah Pribadi yang dijanjikan Tuhan Yesus untuk menolong para murid. Banyak hal yang belum betul-betul mereka pahami selama mengikut Yesus, namun Roh Kudus akan memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran. Dia akan menolong mereka memahami dan memberitakan ke seluruh dunia tentang dosa, kebenaran, dan penghakiman. Kenaikan Tuhan Yesus ke surga tidak membatalkan janji penyertaanNya. Roh Kudus, Pribadi yang diutusNya, berkenan tinggal dalam hati orang percaya, untuk menolong mereka mengingat, dan memahami pengajaranNya, serta memberitakannya. Sudahkah Anda percaya kepada Yesus dan menerima karunia Roh Kudus? Miliki dan bangunlah relasi akrab denganNya. Biarlah Dia menuntun Anda ke dalam segala kebenaran.

BE.644:1 “Ro Ma Ho Parasiroha”

Ro ma Ho Parasi roha pagirgir rohangkon, Mangendehon denggan basa nilehonMu di au on. Tiruonhu ma suruan mangendehon sangapMi, Pujionhu Ho Jahowa Partanobatoanki.

Doa

Ya Allah Bapa, bimbinglah aku di dalam RohMu untuk mampu membangun relasi yang akrab denganMu dan agar aku mampu memahami kebenaranMu. Amin

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *