BUAH ROH

RENUNGAN HKBP AEK KANOPAN
Selasa, 25 Mei 2021

GALATIA 5 : 22 – 23a
“Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.”

Kepada setiap orang yang percaya kepada Yesus diberikanNya Roh Kudus. Seperti yang sudah dijanjikanNya ketika Ia akan meninggalkan murid-muridNya. Roh Kudus adalah Tuhan yang tinggal dalam diri setiap orang percaya. Dalam hidup orang yang setia kepada Tuhan, Roh Kudus bekerja mengubah hidupnya hari demi hari, sehingga makin lama makin berbuah dalam berbagai hal yang baik: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. Banyak orang yang berpikir bahwa sifat-sifat baik diatas adalah lumrah, dan dapat dicapai dengan usaha manusia sendiri. Tetapi, sebisa-bisanya manusia berusaha untuk hidup baik, mereka cenderung untuk jatuh dalam hal yang jahat. Paulus mengatakan dalam Roma 7: 18-19 bahwa di dalam manusia, pada hakikatnya, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab bukan apa yang kita kehendaki, yaitu yang baik, yang kita perbuat, melainkan apa yang tidak kita kehendaki, yaitu yang jahat, yang sering kita perbuat.
Tuhan mengetahui kelemahan kita dan karena itu Ia memberikan RohNya untuk menguatkan dan membimbing kita dalam hidup ini. Dengan bimbingan Roh Kudus hidup kita akan diubah secara bertahap hingga makin lama makin menyerupai Kristus. Roh Kudus itu menguatkan dan memimpin kita melakukan segala perintah Kristus dan menumbuhkan dalam diri kita karakter Kristus yang penuh dengan kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Pagi ini marilah kita Mengevaluasi hidup kita. Sudahkan buah Roh itu nampak tumbuh subur dalam hidup kita? Adakah perubahan yang terjadi dalam hidup kita sejak kita percaya? Adakah perubahan ke arah yang lebih baik yang terus menerus terjadi dalam hidup kita? Ataukah pertumbuhan itu sudah berhenti dan buah Roh itu tidak terlihat lagi? Marilah kita berusaha memunculkan buah itu, dengan membiarkan Roh Kudus menguasai hidup kita.

BE. 462 : 1 “Ale Tondi Porbadia”
Ale Tondi Porbadia, sai songgopi hami on rohanami ma paria lao mamuji Ho tongtong Ho tongtong, Ho tongtong Lao mamuji Ho tongtong

DOA
Ya Tuhan kami, biarlah kiranya Roh KudusMu yang menguasai hati dan kehidupan kami, supaya kami dapat membuahkan buah Roh didalam hidup kami ini. Amin

Selamat Pagi dan Selamat Beraktivitas 😊
Tuhan Yesus Memberkati
Bvr.Lambok Parapat

Salam Sehat 😷

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *