DIA DATANG DARI ALLAH

RENUNGAN HARIAN HKBP AEKKANOPAN
Senin, 31 mei 2021

Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa. Yohanes.6:46

Kita tentu percaya bahwa Yesus berasal dari Allah. Allah telah turun ke dunia menjadi manusia yaitu Yesus yang lahir dari anak dara Maria yang mengandung dengan perantaraan Roh Kudus. Kehadiran Yesus ke dunia ini adalah misi keselamatan yang dirancang Allah untuk setiap umat manusia yang percaya kepadaNya. Kita sudah melihat bagaimana rancangan keselamatan yang Allah telah perbuat bagi kita melalui Alkitab sebagai dasar ajaran kita yaitu lewat nubuatan para Nabi sebelum kelahiranNya dan kesaksian para rasul yang langsung bertemu dan bersama dengan Dia. Yohanes sendiri telah bersaksi bahwa, dia hanyalah perintis jalan bagi anak Allah yang disebut Mesias itu. Dalam Yohanes 1: 15, Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: โ€œInilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.โ€ Kita mengenal Allah Tritunggal yaitu Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus atau dengan kata lain disebut Trinitas.
Renungan kita hari ini adalah penegasan tentang Yesus yang berasal dari Allah. Yesus sendiri adalah sumber keselamatan dan hidup, atau yang disebut dengan Roti Hidup, yaitu Roti yang turun dari sorga yang mampu memberikan kehidupan yang kekal. Hal itu disampaikan Yesus kepada orang-orang Yahudi yang mengenal Dia hanya secara jasmani, yaitu sebagai anak Yusuf. Yesus sendiri berkata: Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku. Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa. Karya keselamatan Allah itu sudah digenapi dengan diturunkanNya Rohnya ke tengah-tengah dunia ini yaitu Roh Kebenaran yang memberikan keberanian bagi orang-orang pecaya untuk bersaksi. Dalam Yohanes 15: 26 dikatakan: Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Kita merupakan bagian dari misi keselamatan Allah itu. Segala pengajaran yang diberikan oleh Yesus sudah kita terima dan Roh Tuhan sudah ada di tengah-tengah kita. Yesus sudah kembali kepada Bapa dan Dia berjanji akan datang kembali pada waktunya ke dunia ini. KedatangaNya kembali, bukan lagi sebagai Juruselamat melainkan sebagai hakim yang akan menghakimi setiap orang. Dimana setiap orang yang setia melakukan kehendak Bapa akan ditempatkan dalam kerajaanNya yaitu Kehidupan yang kekal, sementara orang yang tidak melakukan kehendak Bapa akan masuk ke dalam kematian yang kekal. Kehidupan kekal adalah keselamatan abadi yang telah dijanjikan Yesus ketika masih berada di dunia ini. Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa. Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. (Kolose 1: 13-17). Maka percayalah kepada Yesus karena Dia datang dari Allah. Dia telah membuat kita lahir baru, lahir di dalam roh. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal. (Yohanes 6: 47).

BE.No.12:15 Dipuji rohanngkon do Ho”
Antong pasombu Debatam mambaen ture langkam, asa tongtong sonang rohaM, timbul dohot tuam.

DOA
kuatkanlah kami senantiasa agar oleh iman kami kepada Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus kami dapat bersaksi di dalam dunia ini, agar semakin banyak orang yang percaya kepadaMu. Amin.

SELAMAT PAGI DAN SELAMAT BERAKTIFITAS

TUHAN MEMBERKATI

Salam sehat๐Ÿ˜ท

One thought on “DIA DATANG DARI ALLAH

  1. Shalom bapak, ibu saudara/i di manapun berada. Apakah ada diantara bapak/ ibu/ saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael? Ini adalah kalimat pengakuan iman orang Yahudi yang biasa diucapkan pada setiap ibadah mereka baik itu di rumah ibadat atau sinagoga maupun di rumah. Yesus juga menggunakan Shema untuk menjawab pertanyaan dari seorang ahli Taurat mengenai hukum yang utama. Kita dapat baca di Ulangan 6 ayat 4 dan pernah juga dikutip oleh Yesus di dalam Injil Markus 12 : 29. Dengan mengucapkan Shema, orang Yahudi mengakui bahwa YHWH ( Adonai ) Elohim itu esa dan berdaulat dalam kehidupan mereka. Berikut teks Shema Yisrael tersebut dalam huruf Ibrani ( dibaca dari kanan ke kiri seperti huruf Arab ) beserta cara mengucapkannya ( tanpa bermaksud untuk mengabaikan atau menyangkal adanya Bapa, Roh Kudus dan Firman Elohim yaitu Yeshua haMashiakh/ ื™ืฉื•ืข ื”ืžืฉื™ื—, yang lebih dikenal oleh umat Kristiani di Indonesia sebagai Yesus Kristus ) berikut ini Teks Ibrani Ulangan 6 ayat 4 : โ€ ืฉืึฐืžึทึ–ืข ( Shema ) ื™ึดืฉื‚ึฐืจึธืึตึ‘ืœ ( Yisrael ) ื™ึฐื”ื•ึธึฅื” ( YHWH [ Adonai ] ) ืึฑืœึนื”ึตึ–ื™ื ื•ึผ ( Eloheinu ) ื™ึฐื”ื•ึธึฅื” ( YHWH [ Adonai ] ) ืึถื—ึธึฝื“ ( ekhad ) โ€ Lalu berdasarkan halakha/ tradisi, diucapkan juga berkat: โ€ ื‘ืจื•ืš ืฉื ื›ื‘ื•ื“ ืžืœื›ื•ืชื•, ืœืขื•ืœื ื•ืขื“ โ€ ( โ€ barukh Shem kevod malkuto, leโ€™olam vaโ€™ed โ€ ) yang artinya diberkatilah nama yang mulia kerajaanNya untuk selama-lamanya โ€ ). Apakah ada yang mempunyai pendapat lain?.
    ๐Ÿ•Žโœก๏ธ๐ŸŸ๐Ÿคš๐Ÿป๐Ÿ‘๏ธ๐Ÿ“œ๐Ÿ•ฏ๏ธ๐Ÿ•๐Ÿคด๐Ÿป๐Ÿ‘‘๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฑ๐Ÿ—๏ธ๐Ÿ›ก๏ธ๐Ÿ—ก๏ธ๐Ÿนโš–๏ธโš“โœ๏ธ๐Ÿ—บ๏ธ๐ŸŒซ๏ธโ˜€๏ธ๐ŸŒ’โšก๐ŸŒˆ๐ŸŒŒ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ’ง๐ŸŒŠ๐ŸŒฌ๏ธโ„๏ธ๐ŸŒฑ๐ŸŒพ๐Ÿ‡๐ŸŽ๐Ÿ๐ŸŒน๐Ÿท๐Ÿฅ›๐Ÿฏ๐Ÿ๐Ÿ‘๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŽ๐ŸฆŒ๐Ÿช๐Ÿซ๐Ÿฆ๐Ÿฆ…๐Ÿ•Š๏ธ๐Ÿโ‚ช

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *