BERLAKULAH ADIL KEPADA SESAMA

RENUNGAN HKBP AEK KANOPAN
Rabu, 07 Juli 2021

Imamat 19:13
“Janganlah engkau memeras sesamamu manusia dan janganlah engkau merampas; janganlah kautahan upah seorang pekerja harian sampai besok harinya”

BERLAKULAH ADIL KEPADA SESAMA
Memeras sesama manusia adalah tindakan pidana yang bisa dijerat hukum. Memeras sesama manusia adalah tindakan yang tidak manusiawi dan yang pasti tidak dikehendaki Tuhan. Sikap seperti ini sudah dilarang dalam hukum keimaman Yahudi. Hukum keimamaman tentang keadilan ini sudah berlaku di tengah-tengah orang Israel sejak lama. Rupanya sering terjadi bahwa ada orang yang menahan-nahan upah pekerja harian yang bekerja untuk sehari dan baru dibayarkan kemudian esok atau lusanya. Sehingga dengan demikian nafkahnya tertunda satu hari, karena mereka yang bekerja harian sangat tergantung pada penghasilannya hari ini. Nas hari ini adalah sapaan bagi kita untuk menjadi sahabat bagi sesama. Banyak sekali terjadi ada orang yang tidak punya hati nurani mempermainkan hak orang lain. Mereka memeras hidup orang lain demi keuntungan dirinya. Mereka seperti mengisap darah orang lain demi kelangsungan hidup mereka. Janganlah kita kedapatan memeras sesama manusia, sebab mereka juga berharga di mata Tuhan. Maka apa yang berharga bagi Tuhan, kita juga harus menghargainya. Bukan sebaliknya, apa yang tidak berkenan kepada Tuhan kadang-kadang begitu berharga bagi kita. Ini tentu semacam kesadaran dari kita bersama untuk memperhatikan sesama. Dalam sebuah catatan Alkitab, orang-orang yang kena tindas dan diperas hidupnya berseru kepada Tuhan dan akhirnya Tuhan pun membalas tidakan kekejian itu bagi para pelakunya. Darah Habel, yang tertumpah di bumi itu kemudian berseru-seru kepada Tuhan Allah; dan Tuhan mendengarnya. Tuhan sendiri akan menjadi pembela mereka, dan Dia akan menuntut kepada setiap orang yang menindas dan menganiaya sesamanya. Karena itu, hindarilah sikap hidup memeras orang lain tetapi jadikanlah mereka sahabat bagi kita agar kita berkenan kepada Tuhan.

BE.720 : 2 “Naeng Marsinondang Ngolungku”
Ingkon hobas mangurupi, angka na gale I, Jala burju manghobasi songon Tuhanta i. Tiur marsinondang i do niigil ni Jesus tongtong marsinondang, panondang do au tutu.

DOA
Ya Tuhan, jadikanlah kami menjadi orang – orang yang adil bagi sesama kami, dengan tidak mengambil hak orang lain hanya untuk memperkaya diri kami sendiri. Amin

Selamat Pagi dan Selamat Beraktifitas
Tuhan Yesus Memberkati
Bvr.Lambok Parapat

Tetap taat ProKes 😷😷

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *