KUATKANLAH HATIMU

RENUNGAN HKBP AEK KANOPAN
Jumat, 09 Juli 2021

2 SAMUEL 10 : 12
“Kuatkanlah hatimu dan marilah kita menguatkan hati untuk bangsa kita dan untuk kota – kota Allah kita. Tuhan kiranya melakukan yang baik dimataNya.”

Kehidupan bangsa Israel tidak pernah terlepas dengan yang namanya perang, tidak terkecuali dalam kisah mengenai raja Daud. Tetapi kita melihat pelajaran yang sangat berharga bagaimana Allah senantiasa berada di tengah umat-Nya yang sedang berperang, sepanjang umat Allah itu memegang perjanjian Allah. Dan tidak ada satu pun musuh yang dapat mengalahkan umat Allah bila Allah beserta mereka. Kita dapat mengambil berkat dari kisah itu mengenai bagaimana Allah tidak tinggal diam saat umat-Nya dijepit dan ditindas. Seperti saat kita kecil tentu ingat bagaimana ayah kita menjadi andalan kita. Sekarang kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Allah kita juga dapat diandalkan. Dalam segala situsi Allah dapat diandalkan. Pemazmur berkata, “Tetapi TUHAN adalah kota bentengku dan Allahku adalah gunung batu perlindunganku” (Mazmur 94:22). Kemenangan dalam peperangan bukan ditentukan oleh kekuatan musuh. Kita tidak perlu cemas dengan berbagai peralatan yang lengkap milik musuh kita. Yang penting adalah apakah Allah bersama dengan kita ? Apakah Allah berada di pihak kita ? Sebab kalau tidak kekalahan tinggal menunggu waktu saja. Hidup adalah peperangan. Hidup adalah perjuangan. Kadang kita merasa peperangan hidup itu terlalu berat. Memang, sebagian dari antara manusia tidak kuat lalu memutuskan mengakhiri hidupnya. Sebagian lagi menjadi penghuni rumah sakit jiwa. Tetapi hai umat Allah yakinlah bahwa Allah tidak akan membiarkan kita sendirian. Saat kita berada dalam peperangan yang berat Allah akan datang sebagai Penolong. Sesungguhnya Dia tidak akan membiarkan kita sendirian. Dalam kitab Keluaran disebutkan, “Tetapi TUHAN adalah kota bentengku dan Allahku adalah gunung batu perlindunganku” (Keluaran 15:3). Kalau Tuhan bersama kita maka peperangan akan berjalan tidak seimbang, sebab peperangan itu pasti kita menangkan.

BE. 733 : 1 “Dulo ma au on o Tuhan”
Dulo ma au on o Tuhan, bege anggukkon, ro do Ho tu angka dongan, topot ma au on. Jesus Tuhan bege anggukkon, Ro do Ho tu angka dongan, topot nang au on.

DOA
Kami tau Tuhan Engkaulah penolong kami di setiap langkah kehidupan kami ini. Engkau pasti akan memberi kemenangan bagi setiap orang yang mau berseru bagiMu. Amin

Selamat dan selamat beraktivitas
Tuhan Memberkati

Tetap Taat ProKes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *