ALLAH YANG HEBAT!

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Kamis, 22 Juli 2021

YESAYA 44:6

“Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: “Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.”

Dalam nas renungan hari ini, sesungguhnya kita diingatkan bahwa Allah menyaksikan sendiri kepada kita sejaka zaman dahulu kala bahwa Ia adalah Allah yang terdahulu dan yang terkemudian. Dalam Perjanjian Baru (Wahyu) disebut dengan Alfa dan Omega. Allah yang ada dengan sendirinya, tanpa diciptakan dan akan terus ada sampai selamalamanya. Dari kekal sampai kekekalan. Allah yang satu-satunya. Kebenaran tentang Allah yang demikian, bukanlah baru bagi kita. Namun melalui perenungan hari ini, Allah mengingatkan kita bahwa apapun yang menjadi pengakuan iman kita, tidak boleh berakhir pada pengetahuan atau teori saja, melainkan pengakuan kita harus berdampak dalam kehidupan kita sehari-hari. Nabi Yesaya mengingatkan kita jika kita mengaku bahwa Allah adalah Allah yang kekal, Allah yang berkuasa, dan tidak ada Allah lain selain Dia, maka sedikitnya itu akan nampak dalam kehidupan kita sehari-hari yakni: (1) Tidak takut dalam menghadapi persoalan apapun. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh memiliki rasa takut dan gentar, melainkan kita tidak membiarkan rasa takut itu menguasai hidup kita sedemikian rupa, seolah kita tidak mempunyai Allah. Allah kita lebih besar dari segala yang menakutkan itu, karena itu pengakuan iman bahwa Allah  kita berkuasa akan membuat kita hidup dalam penyerahan diri dan ketergantungan kepada Allah. (2). Selalu menampilkan diri sebagai saksi-saksi Allah. Setiap waktu dan kesempatan kita gunakan untuk menyaksikan kebesaran Allah dalam hidup kita. Kuasa dan kebesaran Allah akan nampak dalam segala urusan keseharian kita, sehingga ini membuat kita tidak bisa berkata tidak ada kesempatan untuk menjadi saksi Allah. Melainkan setiap waktu, setiap urusan, setiap hal, dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk menunjukkan bahwa kita punya Allah yang Hebat.

BE.640:2 “Haholongon sian Ginjang”

Lehon Tondi haholongon tu parroha na bojok, Bagabaga hadameon sahat baen tu hami on, Jesus Alpha nang Omega bona ni haporseaon. Sai padao ma angka dosa, sai palua hami on.

Doa

“Ya Allah Bapa, mampukan aku untuk mempersaksikan Kehebatan dan KebesaranMu Amin”

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *