“JANGAN MENCURI LAGI, YA!”

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Jumat, 15 Oktober 2021

EFESUS 4:28

“Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.”

Membaca pesan Paulus di atas, mungkin kita berkata bahwa ayat itu bukan untuk kita, sebab kita bukanlah pencuri, kita bukan perampok, kita adalah orang baik-baik. Walau demikian, ayat itu mengingatkan kita untuk tidak berbuat curang, salah satu adalah dalam soal uang. Berbuat curang dalam soal uang, sebetulnya mirip-miriplah dengan mencuri yang dimaksudkan Paulus. Atau juga bila kita menahan hak orang, abai dengan sesuatu yang mestinya kita beri ke orang yang seharusnya diberi, inipun sebenarnya mencuri juga. Dalam banyak hal tanggung jawab, seseorang dapat dipercaya, tetapi sering dalam uang tidak dapat dipercaya. Mungkin pernyataan ini terasa keras dan tidak disukai, tapi ini nyata. Tidak hanya di dunia sekuler, tetapi bila tidak hati-hati, masalah uang juga sering melibatkan oknum-oknum rohani dalam pelayanan. Oleh karena takut atau kuatir kekurangan atau yang lebih menyedihkan adalah karena terkontaminasi dengan gaya hidup, orang-orang sering tidak jujur soal uang, agar hidup nyaman dan keinginan terpenuhi. Biarlah nasihat Paulus di atas memantapkan kita untuk memiliki gaya hidup tidak berlebihan, tidak hedonisme, tidak menjadikan uang sebagai dasar hubungan dengan siapapun. Cukupkanlah diri dengan hasil kerja keras kita walau tidak besar imbalan yang didapat sehingga kita “tidak mencuri”… tidak mengambil yang bukan hak kita. Bahkan terlebih indah dan mulia lagi bila kita dapat berbagi dengan apa yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan, atau kepada pihak ke mana Tuhan arahkan.

BE.406:3 “Dilambung ni Parsilang”

Di lambung ni parsilang do panjoraanki, Ndang olo be marhilang na somal lao tusi. Margabus nang manangko pe, maruhum na roa, Ndang be diula Kristen i naung sian Golgata.

Doa

“Ya Allah Bapa, jadikan aku menjadi pribadi yang jujur yang tidak mengingini harta milik orang lain dan mampukan aku untuk mencukupkan dengan apa yang Kau b’ri ”. Amin. 

 Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *