MINTALAH HIKMAT

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Sabtu, 16 Oktober 2021

1RAJARAJA 3:9

“Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?”

Pada waktu menjabat sebagai raja atas Israel usia Salomo masih sangatlah muda dan bisa dikatakan belum memimpin sebuah bangsa yang besar seperti Israel. Usia muda adalah usia yang penuh gejolak, di mana hati dan pikiran dipenuhi oleh banyak keinginan dan itu adalah hal yang sangat wajar, maklum anak muda!

Suatu ketika Tuhan menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi ketika ia mempersembahkan korban di Gibeon, firmanNya,  “Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.”  (1Raja-Raja 3:5).  Ternyata Salomo tidak meminta hal yang dipikirkan anak-anak muda kebanyakan:  uang, emas, perak, harta, melainkan hikmat.  Apa itu hikmat?  dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia hikmat diartikan kebijakan, kearifan, dan bisa pula diartikan dengan kepandaian, kebijaksanaan, pengertian dan pengetahuan.  Hikmat adalah hal penting yang sangat dibutuhkan pemimpin atau raja untuk memimpin suatu bangsa.  Dengan hikmat Tuhan inilah Salomo beroleh kesanggupan  “…menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini? Lalu adalah baik di mata Tuhan bahwa Salomo meminta hal yang demikian.”  (1 Raja-Raja 3:9-10).

Tuhan memberikan apa yang diinginkan Salomo, bahkan hal berikut ini:  “apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorangpun seperti engkau di antara raja-raja.”  (1 Raja-Raja 3:13).  Karena berhikmat Salomo dapat menjalankan tugas pemerintahan dan memimpin bangsanya dengan adil dan benar. Oleh karena itu, marilah kita terus mencari dan meminta hikmat dari Tuhan Allah melalui ketaatan beribadah, kesetiaan melaksanakan firman-Nya dalam kehidupan, meminta hikmat dalam doa dan melaksanakan hikmat dalam semua keputusan. Niscaya semua keputusan dan jalan hidup kita akan menghasilkan keberhasilan, kesukacitaan dan kebahagiaan. Amin.

BE.105:2 “Ro ma Tondi Porbadia”

Lehon ma di rohanami Hapistaran na sintong, Asa tung huboto hami Marparange di joloM, Sian haliluon pe Sai palua hami be.

 Doa

“Ya Allah Bapa, berikan aku hikmat agar aku beroleh sukacita dan kebahagiaan. Amin

 Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *