MENANTIKAN DENGAN DIAM

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Selasa, 09 November 2021

RATAPAN 3:26

“Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN.”

Di dalam Ratapan ada sebuah ayat yang mengingatkan hal ini. “Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN.” Mengapa baik bagi kita untuk diam dalam menanti pertolongan Tuhan? Karena dengan diam kita bisa terhindar dari berbagai godaan yang menyesatkan. Dengan diam kita bisa fokus mengambil momen perenungan, introspeksi ke dalam diri kita, mencari tahu kalau-kalau ada yang masih belum kita bereskan. Dengan diam kita bisa terhindar dari mengambil langkah-langkah yang hanya didasarkan kepada perasaan emosional, tidak rasional dalam memutuskan. Dengan diam itu bisa mencegah kita melakukan kesalahan-kesalahan yang hanya akan menambah masalah.

Jika dalam Ratapan kita diingatkan oleh Yeremia, dalam Mazmur kita bisa mendengar langsung lewat suara Tuhan langsung. “Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!” (Mazmur 46:11). Bukankah kita sering lupa kepada Tuhan ketika kepanikan sedang berkecamuk menguasai kita? Ambil jeda sejenak, diam dan berhentilah. Lalu ajak pikiran dan hati anda kembali mengingat bahwa ada Tuhan yang berkuasa atas segala sesuatu, mampu melakukan sesuatu bahkan hal yang paling mustahil sekalipun. Kembali mengingat janji-janji Tuhan yang begitu mengasihi kita, kuasaNya yang ajaib yang mengatasi bumi. Masalah mungkin tidak langsung selesai, pergumulan masih akan terus berlangsung, tapi ada saatnya kita harus mengambil langkah tersebut sebelum kita mengambil langkah yang keliru.

BE.9:1 “Hupuji Holong ni RohaMu”

Hupuji holong ni rohaMu, O Tuhan Jesus Rajangki. Tu Ho hulehon ma tondingku, Ai i do pinangidoMi, Huhalupahon ma diringku. Mamingkir holong ni rohaMu

Doa

“Ya Allah Bapa, jadikan aku menjadi pribadi yang menanti dengan diam petunjukMu didalam hidupku. Amin

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *