TUHAN TIDAK MENCOBAI SIAPAPUN

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Kamis, 11 November 2021

YAKOBUS 1:13

“Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.”

Dunia ini penuh dengan pencobaan.  Setiap orang dapat  mengalaminya. Para pengikut Kristus tidak terkecuali. Pencobaan itu bukan berasal dari Allah!  Apabila seseorang dicobai, janganlah ia berkat: “Pencobaan ini berasal dari Allah!” Allah adalah kudus, karena itu:  Ia tidak dapat dicobai yang jahat; dan  Ia sendiri tidak mencobai siapa pun untuk melakukan kejahatan. Dari mana datangnya pencobaan itu?  Pencobaan itu datangnya keinginan daging (Yak.1:14). Selain itu,  pencobaan juga datang dari dunia dan Iblis.   Bahkan si Iblis yang licik itu senantiasa menggunakan keinginan daging dan jalan dunia ini untuk menjatuhkan orang-orang percaya. Oleh karena itu orang-orang percaya harus senantiasa sadar dan berjaga-jaga (1Ptr.5:8-9). Walaupun pencobaan itu bukan dari Allah, tetapi hal itu tidak berarti di luar sepengetahuan Allah. Contohnya pencobaan yang dialami Ayub.  Iblis yang mencobai Ayub dengan berbagai kesulitan dan penderitaan, namun ia tidak dapat melakukannya tanpa seijin Tuhan. Iblis mencobai Ayub dengan tujuan untuk menjatuhkannya. Allah mengijinkannya karena Ia mengenal Ayub, dan Ia memakai kesulitan itu untuk menguji iman Ayub. Ayub terbukti tahan uji dan ia semakin bertumbuh lewat pencobaan itu (Ayb. 42:5). Pada akhirnya Allah memulihkan Ayub dengan keadaan yang lebih baik (Ayb. 42:10).

Sebagian teolog Kristen membedakan antara pencobaan dan ujian. Tuhan menguji manusia, tetapi Ia tidak mencobai.  Pencobaan berasal dari Si jahat. Ujian bertujuan untuk memurnikan dan mempertumbuhkan iman seseorang, sedangkan pencobaan bertujuan untuk menjatuhkan atau menghancurkan kehidupan seseorang. Allah mengetahui setiap keberadaan hidup kita, termasuk di saat kita sedang berbagai pencobaan.   Kendatipun Allah mengijinkan pencobaan menimpa diri kita, tetapi Ia tidak pernah membiarkan kita seorang diri menghadapinya.

Janji firman Tuhan yang menghiburkan kita yaitu: “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya” (1Korintus 10:13).

BE.785:1 “Alo Pangunjunan”

Alo pangunjunan sai benget ma ho, Ai molo dung monang lam togu ma ho. Angka hajahaton sai patunduk ma, Jesus pangasahon ingkon monang ho. Jalo pangurupion sian Tuhanta Jesus, Dapot ho hagogoon mandopang musu i.

Doa

“Ya Allah Bapa, jadikan aku untuk memahami bahwa pencobaan itu tidak bersumber dariMu dan apabila dicobai mampukan aku menyadari bahwa Engkau tidak membiarkanku sendirian menghadapinya. Amin.

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *