YESUS MENDOAKAN KITA

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Selasa, 04 Januari 2022

YOHANES 17:20

“Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka”.

Nas ini adalah bagian dari doa Tuhan Yesus di taman Getsemane beberapa saat sebelum Dia ditangkap untuk selanjutnya disiksa dan disalibkan. Karena Yesus akan meninggalkan dunia ini setelah Ia disalibkan, mati dan dikuburkan, bangkit dari antara orang mati dan naik ke surga, maka Yesus menitipkan semua umat tebusanNya itu kepada Allah Bapa. Yesus mendoakan supaya semua umat tebusanNya terus diberkati Allah dan dilindungi dari segala yang jahat (ayat 11 dan 15).

Yesus berdoa supaya semua umat manusia yang akan ditinggalkanNya itu mengenal Allah yang Esa dengan jelas dan mengenal Yesus Kristus yang membawa keselamatan. Yesus mendoakan supaya semua umat tebusanNya itu menuruti Firman Tuhan dan dikuduskan dalam kebenaran (ay.8,17-18). Yesus mendoakan supaya semua orang percaya menjadi satu menjalankan dan melaksanakan Firman Tuhan (ay.21).

Doa Tuhan Yesus 2000 tahun yang lalu itu berlaku juga buat kita hari ini. Tuhan telah memberikan kelimpahan berkatNya bagi kita dari waktu ke waktu dan melindungi kita dari segala yang jahat. Sekarang bagaimana kita merespon doa Tuhan Yesus itu? Pertama, kita patut selalu mengucap syukur atas kelimpahan berkat dan perlindunganNya. Kedua, kita diminta untuk mengenal Tuhan Allah dengan sungguh-sungguh yang penuh kuasa dan Maha Kasih itu, dan Tuhan Yesus yang tela rela berkorban untuk menebus dosa-dosa kita. Ketiga, Kita diminta menuruti Firman Tuhan dan menjadi pelaku kebenaran Firman itu dengan menjaga kekudusan kita sendiri. Dan akhirnya, Keempat, kita semua orang percaya diminta untuk selalu bersatu memuji dan memuliakan Tuhan Allah, bersatu di dalam iman percaya kepada Tuhan Yesus sebagai juruselamat kita dan bersatu dalam melaksanakan dan memberitakan FirmanNya ke seluruh pelosok bumi.

BE.184:2-3 “Nunga Tung Jumpang Au Ojahan”

(2) Ai dipaherbang do tanganNa Manghaoli hajolmaon on, Dibahen asi ni rohaNa Di isi ni portibi on, Naung ro nang na so ro dope Naeng toguonNa do sude

(3) Unang ma mago hajolmaon Di roha ni Jahowa i, Disuru do tu hajolmaon AnakNa Sipangolu i, Sai dituktuhi hata ni Do pintu ni rohanta i.

Doa

Ya Tuhan Yesus, terima kasih, sudah mendoakan kami umat tebusanMu, supaya tetap diberkati dan dilindungi Allah Bapa dan menjadi pelaku FirmanMu yang setia. Amin.

(Sumber: Renungan Harian MARTURIA)

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *