PUJIAN BAGI KEBESARAN ALLAH

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Kamis, 06 Januari 2022

1TAWARIKH 29:11

“Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.”

Ayat ini adalah sebagian dari doa dan pujian raja Daud sebagai ucapan syukurnya kepada Tuhan karena persiapannya dalam pembangunan Bait Suci sudah matang dan seturut dengan Taurat Tuhan. Daud sudah membuat denah bangunan dan bahan-bahan yang super lengkap dalam jumlah yang banyak bahkan material seperti emas, perak dan batu permata yang mahal. Biayanya sangat besar, semuanya sudah dipersiapkan Daud dari persembahan pribadinya sendiri.

Dengan cara itu Daud ingin memberi contoh kepada rakyatnya, terutama untuk mengetuk hati orang-orang kaya Israel, bahwa semua ini dia persiapkan dengan baik, karena bait suci ini dibangun adalah untuk Tuhan Allah, bukan manusia. Karena itulah, Daud juga membuka kesempatan kepada rakyatnya untuk memberikan persembahan buat pembangunan itu. Tetapi dia menekankan bahwa yang terutama bukanlah jumlah pemberian, tetapi pada kerelaan hati, karena Daud percaya, Allah yang maha tahu akan melihat hati manusia. Rakyat pun dengan suka cita dan tulus ikhlas ikut serta memberikan sumbangannya. Karena itulah bangsa Israel dan raja Daud bersukacita. Lalu Daud menutup semua usaha persiapan pembangunan Bait Suci itu dengan pujian dan doa ucapan syukur. Sesuai dengan firman Tuhan, pembangunan selanjutnya akan dilaksanakan oleh raja Salomo.

Inilah inti dari firman Tuhan hari ini, yaitu suasana kekeluargaan yang memuji kebesaran Tuhan Allah, sebagai “Bapa Kami” (1Tawarikh 29:30). Daud berharap agar bangsa Israel, juga kita sebagai umat percaya selalu berharap, memohon dan meminta pertolongan hanya kepada Tuhan Allah, dan hanya memegahkan namaNya, karena hanya Tuhanlah yang patut disembah, sumber dari segala berkat dan harta yang kita miliki.

BE.14:4-5 “Puji Hamu Jahowa Tutu”

(3) Songkal tongtong, Jahowa tongon, Na marmulia di sasude na tinompaNa i,  Hamuliaon ma di Tuhan Debata.

(4) Somba hamu Jahowa burju, Marhapantunon ma hita di Tuhanta Debata, Burju tasomba ma Tuhanta Debata

Doa

Terpujilah namaMu Tuhan, sumber dari segala berkat dan harta yang kami miliki. Ajarlah kami untuk saling memberi dan mensyukuri segala karuniaMu. Amin.

(Sumber: Renungan Harian MARTURIA)

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *