TUNDUK KEPADA KEHENDAK TUHAN

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Rabu, 05 Januari 2022

YEREMIA 27:5

“Akulah yang menjadikan bumi, manusia dan hewan yang ada di atas muka bumi dengan kekuatan-Ku yang besar dan dengan lengan-Ku yang terentang, dan Aku memberikannya kepada orang yang benar di mata-Ku.”

Tuhan menyatakan kehendakNya melalui Yeremia, bahwa bangsa-bangsa lain dan umat Israel harus takluk kepada Babel. Firman Tuhan tersebut nampak aneh: umat kepunyaan Tuhan diminta oleh Tuhan untuk takluk dan tunduk kepada Nebukadnesar, raja dari bangsa yang tidak mengenal Dia. Itulah yang sebenarnya. karena Tuhan mengatakan bahwa Nebukadnesar adalah hambaNya (ayat 6), yaitu hamba yang digunakan Tuhan agar Israel umat kepunyaan Tuhan yang tidak setia itu saar dan kembali ke jalan Tuhan. Disitulah terlihat dengan terang benderang kedaulatan Tuhan atas segala isinya. Dia Allah yang Mahakuasa, yang dapat menggunakan apapun dari milikNya itu untuk membentuk iman umat pilihanNya. Tuhan memiliki cara yang ajaib untuk menobatkan dan mengembalikan umat pilihanNya itu ke jalan Tuhan.

Karena itulah kita harus mau memasrahkan diri kita ke tangan Tuhan yang Maha kuasa dan Maha Kasih itu. Penderitaan, kekecewaan, kehilangan pekerjaan, sakit yang harus kita alami memang sering dipakai Tuhan untuk mendisiplinkan kita, untuk menjadikan kita lebih taat dan beriman kepada Tuhan. Dan ketika kita mau taat dan hidup benar di mata Tuhan, maka Tuhan akan semakin menampakkan kemahakuasaanNya untuk memberkati kita dengan caraNya yang sungguh-sungguh ajaib.

Sekarang, bagaimanakah sikap kita terhadap Tuhan di saat kita mengalami penderitaan, kegagalan, kekecewaan atau ketika kehilangan orang yang kita cintai karena Covid-19? Janganlah bersungut-sungut dan menentang Tuhan, ingatlah, semuanya itu adalah cara Tuhan untuk menguatkan kita supaya lebih taat dan beriman kepadaNya.

Doa: Tuhan Yesus, yang menciptakan seluruh yang ada di atas bumi dengan kekuatanMu yang besar! Ajarlah kami ya Tuhan untuk senantiasa setia mengikuti kehendakMu. Amin!

BE.5:3-4 “Sai Tapuji Ma Jahowa”

(3) Sai martua manang ise siasahon Debata, Ai dison pe dohot muse dipasonang Debata, Ala ni haposi ma holan Tuhan Debata

(4) Ai Ibana do sitompa langit dohot tano on, Rodi isi ni sudena sasude portibi on. Debata haposan i ai tongtong rohaNa i

Doa

Ya Tuhan Yesus, terima kasih, sudah mendoakan kami umat tebusanMu, supaya tetap diberkati dan dilindungi Allah Bapa dan menjadi pelaku FirmanMu yang setia. Amin.

(Sumber: Renungan Harian MARTURIA)

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *