KARUNIA BISA BEDA, TAPI TETAP SATU IMAN

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Kamis, 03 Februari 2022

1KORINTUS 12:3

“Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.”

Di ayat sebelumnya (ayat 2), Paulus membedakan keadaan jemaat di Korintus, pada waktu mereka belum mengenal Allah dengan keadaan sesudah mereka didalam Kristus. Dahulu mereka masih menyembah berhala-berhala, yang bisu dan tidak bergerak. Tetapi sekarang, setelah mendengarkan pemberitaan Injil Yesus melalui RasulNya dan tuntutan Roh Kudus, mereka hanya menyembah Allah yang benar.

Karena jemaat di Korintus ini masih sangat baru dan muda, maka dalam ayat bacaan kita hari ini Paulus memberikan mereka sebuah pedoman agar mereka tahu tentang sifat orang yang sudah dipenuhi Roh Kudus. Jika seseorang sudah dipenuhi Roh Kudus, pasti dia sudah memiliki hubungan erat dengan Allah. Maka jika seseorang menghina Tuhan Yesus atau mengurangi keilahianNya dengan berkata: “Terkutuklah Yesus!” pasti perkataan ini tidak diilhami oleh Roh Kudus. Sebaliknya, setiap perkataan yang menyatakan : “Yesus adalah Tuhan” tentu ia diilhami oleh Roh Kudus. Paulus sengaja tidak memakai nama Yesus Kristus melainkan Yesus saja, untuk menunjukkan bahwa Yesus itu sungguh-sungguh 100 % manusia dan sungguh-sungguh 100% Tuhan.

Memang pada saat itu orang-orang Yahudi menganggap bahwa orang-orang yang terkutuk adalah orang-orang yang disalibkan. Tetapi Yesus mau disalibkan justru memikul kutukan akibat dosa terhadap manusia. Itulah yang harus kita pahami dengan jelas. Sehingga walaupun kita memiliki karunia yang berbeda-beda, kita tetap satu Roh yang mengakui Yesus adalah Tuhan yang mengasihi kita. Oleh sebab itu melalui keragaman talenta yang kita miliki, marilah dalam satu iman kita memuliakan Tuhan.

BE.462:3 “Ale Tondi Porbadia”

ApiMi sai lam pagalak, sondang di na holom i, Asa las, tiur ma halak, lam pita huriaMi. Lam pita, lam pita. Lam pita huriaMi

Doa

Tuhan, terima kasih atas karunia-karunia yang Engkau berikan kepada kami masing-masing. Tolong ajarkan kami untuk saling mengasihi di dalam satu iman kepadaMu. Amin!

(Sumber: Renungan Harian MARTURIA)

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *