TUHAN BERKUASA MENGUBAHKAN

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Jumat, 04 Februari 2022

1SAMUEL 2:6

“TUHAN mematikan dan menghidupkan, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana.”

TUHAN BERKUASA MENGUBAHKAN

Ketika pergumulan berat menimpa seolah tanpa jalan keluar, tentu kita akan merasa hidup kita gelap. Namun ketika jalan keluar terlihat di depan mata, kita akan merasakan suka cita yang luar biasa. Suka cita itulah yang dialami Hana, ketika Tuhan menjawab doanya. Hana yang dulunya mandul dan dihina Penina, madunya, sekarang dikaruniai seorang anak, yang diberi nama Samuel (1Samuel 1:27-28).

Karena itulah Hana berdoa menyampaikan puji-pujian kepada Tuhan. Di dalam doa itu, Hana mengakui: Pertama, Tuhan itu Kudus, tidak ada yang menandinginya dan layak menjadi perlindungan bagi manusia. Kedua, Tuhan mampu mengubah keadaanya sebagai terhina menurut pandangan manusia, menjadi orang terhormat. Ejekan Penina yang merendahkannya dibungkam oleh Allah (1Samuel 2:3-5). Karena itu jangan ada orang yang menyombongkan diri. Itulah juga yang diakuinya di ayat hari ini, bahwa Allah berkuasa mematikan dan menghidupkan, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana. Allahlah yang yang berdaulat atas segala sesuatu yang menentukan hidup dan matinya manusia, miskin atau kaya, berkuasa atau terhina .

Apa yang dialami Hana ini dapat juga dialami oleh setiap orang percaya. Kita mungkin mengalami masalah dalam hal keuangan, usaha yang bangkrut, sakit penyakit yang sulit disembuhkan, persoalan keluarga, kemandulan, anak yang bermasalah, jodoh, dan lain-lain. Yakinlah, sama seperti Hana, Tuhan berkuasa mengubahkan pergumulan kita menjadi suka cita. Seberat apapun masalah dan pergumulan kita, mari tetap berharap dan bergantung kepada Allah. Panjatkanlah doa yang sungguh-sungguh, tetap mengagungkan Dia, karena Dialah Allah yang berdaulat atas seluruh hidup manusia, yang dapat mengubah ratapan menjadi tarian kegembiraan, duka cita menjadi suka cita.

BE.213:4 “Dung Sonang Rohangku”

Mangolu nang mate di Jesus do au, Ibana haporusanki. HataNa sambing do partogi di au, Ai na tau haposanku do i. Sonang do, sonang do, Dipasonang tongtong rohangkon.

Doa

Tuhan, kami serahkan semua kesesakan dan pergumulan kami kepadaMu, karena Engkau berkuasa mengubahkannya menjadi kebahagiaan dan sukacita. Amin.

 (Sumber: Renungan Harian MARTURIA)

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *