BERTOBATLAH KEPADA TUHAN!

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Senin, 21 Februari 2022

HOSEA 14:3

“Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: “Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.”

Jika si jahat selalu berupaya menggoda dan mengajak manusia untuk berbuat dosa dan meninggalkan Allah, sebaliknya Allah, sekalipun manusia telah berdosa dan pergi menjauh dari hadirat-Nya, Ia selalu mengajak manusia untuk bertobat dan kembali kepadaNya.

Firman Tuhan melalui Hosea meminta umat-Nya untuk bertobat dan menyampaikan kata-kata penyesalan. Mereka harus mengakui bahwa Asyur bukan jalan keluar atas masalah yang sedang dihadapi dan seharusnya tidak lagi bergantung kepadanya. Jika hal itu dilakukan, Tuhan akan memulihkan dan mengasihi mereka dengan sukarela.

Seruan pertobatan itu semata untuk kebaikan umat-Nya. Jika bertobat, Tuhan akan menghapuskan dosa-dosa mereka dan memulihkan keadaan mereka kembali. Ia akan datang memberikan kesegaran baru sehingga umat-Nya akan kembali merekah memancarkan keindahan seperti layaknya bunga yang mekar merekah. Mereka juga akan menjadi berkat bagi banyak orang.

Pertobatan itu harus dimulai dengan mengakui segala dosa di hadapan-Nya. Pengakuan ini harus diikuti dengan tindakan yang menjauhi dosa sama sekali.

Pengakuan yang jujur adalah titik awal pertobatan dan bukti awal kesungguhan. Seturut janji-Nya, Tuhan akan memulihkan setiap orang yang mengakui dosanya dan bertobat. Selanjutnya, Tuhan akan kembali mengasihi dan menjadi sumber kehidupan umat-Nya. Lalu mereka akan mengalami pertumbuhan, serta berkat yang melimpah.

Ajakan pertobatan tersebut berlaku bagi kita semua. Kita diajak untuk mengakui dan mempertanggungjawabkan dosa di hadapan-Nya. Roh Kudus akan memampukan kita untuk berani dan jujur mengakuinya di hadapan Tuhan dan sesama. Setelah itu, barulah memohon pengampunan dan menyatakan janji pertobatan. Mari kita mempersilakan Roh Kudus untuk terus bekerja dalam hidup kita. Roh Kudus memimpin kita dalam melakukan kebenaran, mengingatkan jika kita hendak melakukan kesalahan, dan memberikan kita kekuatan setiap hari.

BE.427:4 “Marserep Marunduk”

Urupi au on o Tuhanku pagomos rohangku tongtong, Sai suru tondiM na badia pangolu. pasonang au on Dihophop Ho au Tuhan, Dilehon Ho do hosaM. Pasaehon dosangku sude, Sai togu rajai hami be.

Doa

Tuhan Yesus, berilah Roh KudusMu di dalam hidupku untuk bertobat dan mampukan aku melakukan kebenaran didalam hidupku. Amen.

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *