HIDUP UNTUK MELAYANI

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Selasa, 15 Maret 2022

MARKUS 10:45

“Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Kata melayani dan dilayani merupakan dua kata yang sangat berbeda jika ditinjau dari sudut terminologi. Melayani itu berarti: suatu kegiatan membantu orang lain atau memberikan diri untuk menolong dan membantu orang lain. Kata ini bersifat aktif – untuk berbuat sesuatu kepada orang lain. Sedangkan kata dilayani : adalah orang yang telah dibantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan dan tentunya sifatnya pasif, ia tidak melakukan pekerjaan tersebut. Nah ternyata Tuhan Yesus yang datang ke dunia ini sebagai Anak Allah yang turun dari Takhta Sorga seharusnya Ia dilayani sebagai Tuan Besar, yang duduk dalam kerajaanNya, dan hanya tinggal memerintah. Demikian kira-kira menurut logika dan akal sehat pikiran manusia. Ternyata terbalik Ia justru datang untuk melayani. Hal ini diungkapkan oleh Yesus dihadapan khalayak ramai beserta para muridNya untuk mempertegas bahwa kehadiranNya adalah benar-benar untuk menyelamatkan dunia ini. Saudara/i yang berbahagia di dalam Yesus Kristus, tentunya nas hari ini harus menggugah pikiran kita masing-masing betapa berharganya kita manusia ciptaan ini di hadapan Tuhan. Yesus tidak hanya berteori, tapi secara praktek Ia sudah melakukan apa yang diucapkanNya sesuai dengan nas hari ini. Tidak tanggungtanggung nyawa adalah taruhan dari pelayananNya tersebut. Oleh karena itu perenungan yang sungguh luar biasa dalamnya hari ini adalah : “Sudahkah anda siap melayani atau siap untuk dilayani”. Orang Kristen yang sudah merasakan dan menerima keselamatan yang dari Tuhan, saat ini ia harus berkata: “Aku siap untuk melayani”. Untuk itu selamat melayani, Tuhan Yesus memberkati. Amin. Salam: Pdt. T. Golkaria Nainggolan, M.Th.

BE.753:1  ”Dipardalanan Jesus di Jolongku”

Di pardalanan Jesus di jolongku, Holong ni tanganMi manogu au. Nang di ngolungku Ho do sombaonhu, Tung sonang mardalan raphon au. Huboto do tangkas panoguonMu
Diiringiring Ho do langkangki, Sahat rodi ujung ni pardalanhu. Togu ma au jonok tu lambungMi

Doa

Ya, Tuhan Allah Ajar aku untuk siap melayani sesamaku. Amin

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *