NIKMATILAH BAGIANMU

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Senin, 04 April 2022

AMSAL 30:8

Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku.

Siapa yang tidak ingin kaya? Semua manusia tanpa terkecuali pasti menginginkan kekayaan tersebut untuk menikmati hidup yang luar biasa, minimal hidup layak atau bahkan untuk diwariskan hingga pada generasi ke tujuh. Namun yang menjadi pertanyaan dan menjadi topik kita melalui nas hari ini adalah: “bagaimana kita bisa menikmati apa yang menjadi bagian kita”. Tentunya kekayaan yang dimaksudkan disini bukanlah secara kwantitas atau jumlah harta yang kita miliki, namun seberapa besar rasa syukur kita untuk segala sesuatu akan apa yang telah kita miliki dan itulah yang menjadikan kita “kaya”. Demikian penulis kitab Amsal ini mengajar dan menuntun setiap pembaca supaya manusia apalagi anak-anak Tuhan tidak terlalu rakus dan tidak terlalu memiliki ambisi yang luar biasa dalam meraih harta kekayaan dengan cara yang tidak halal dan bertentangan dengan Firman dan perintah Tuhan. Ia mengajar kita untuk tidak melakukan kecurangan dan kebohongan hanya untuk memperoleh kekayaan. Saudara/i yang berbahagia dalam Kristus Yesus, sangat dalam sekali nas hari ini mengkritisi setiap orang yang suka melakukan kecurangan dan kebohongan demi meraih kekayaan. Praktek-praktek korupsi yang selama ini selalu menjamur di tanah air, tidak mengherankan kalau pelakunya juga ada dari antara orang yang menyebut dirinya Kristen. Benarkah ajaran yang diterimanya selama ini menghalalkan apa yang telah dilakukannya? Bukankah Tuhan selalu mengajar kita untuk tidak mencuri dan tidak menguasai harta orang lain? Bukankah Tuhan selalu mengajarkan kita mensyukuri apa yang menjadi bagian kita sekarang? “Manghasabamhon na adong, demikian petuah nenek moyang kita juga yang membuat kita happy atau bahagia akan apa yang telah kita miliki sekarang ini juga. Untuk itu saudara/i sekalian, nikmatilah bagianmu, apa yang ada bagimu harus disyukuri karena dengan demikian hidupmu akan jauh dari kecurangan dan kebohongan. Ingatlah selalu bahwa Tuhan tidak akan pernah tertidur akan apa yang kamu lakukan setiap hari. Selamat menikmati apa yang menjadi bagianmu, dan selamat beraktivitas untuk hari ini, Tuhan Yesus memberkati. Amin. Salam: Pdt.T.Golkaria Nainggolan,M.Th.

BE.105:2-3 “Ro Ma Tondi Porbadia”

Lehon ma di rohanami Hapistaran na sintong, Asa tung huboto hami Marparange di joloM, Sian haliluon pe Sai palua hami be

Patuduhon ma di hami Dalan hangoluan i, Paimbaru rohanami Sai padao ma dosa i. Pargogoi ma hami be Tu na denggan sasude

Doa

Ya Allah Bapa, ajar aku untuk mensyukuri apa yang menjadi bagianku. Amin.

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *