TUHAN DASAR YANG TETAP

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Senin, 16 Mei 2022

2TIMOTIUS 2:19

“Tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh dan meterainya ialah: “Tuhan mengenal siapa kepunyaanNya” dan “Setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan.”

Ada banyak cara yang dilakukan oleh manusia di dunia ini untuk menghalangi pemahaman manusia akan kebenaran firman Tuhan. Bisa saja mereka mengajarkan hal-hal yang menyimpang dari kebenaran firman Tuhan, misalnya tentang hukum Taurat, kebangkitan, kebenaran dan lain sebagainya. Namun demikian sebagai seorang Kristen yang tangguh dan setia, Paulus mengingatkan Timotius dan kita juga pada saat ini, agar tetap arif dan kuat dalam menghadapi pengajar-pengajar sesat yang berusaha untuk meruntuhkan iman percaya orang Kristen. Tuhan telah meletakkan dasar yang teguh dan meteranya ialah: “Tuhan mengenal siapa kepunyaanNya” dan “setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan”.

Demikian Paulus menyatakannya kepada Timotius agar ia tetap kuat dan tangguh dalam misi pemberitaan Injil, kendati harus menghadapi guru-guru palsu dan penyesat yang membuat iman percaya orang Kristen kacau balau. Kesadaran akan Tuhan yang memiliki kita akan memampukan kita untuk bertahan dalam Kristus hingga selamanya, walau dalam situasi dan keadaan apa pun itu, termasuk meninggalkan kejahatan itu juga merupakan salah satu tanda bahwa kita adalah milik Tuhan, kita adalah kepunyaanNya. Demikian Paulus menekankannya kepada Timotius, anak yang dikasihi-nya. Untuk itu saudara/i, tidak ada alasan bagi siapapun untuk meninggalkan Tuhan, karena Kristus adalah dasarnya. Penderitaan yang kita hadapi sebagai orang Kristen, itu adalah penderitaan biasa, yang tidak dapat dibandingkan besarnya hadiah yang akan kita peroleh kelak dalam kerajaan sorga. Kekuatan dalam Kristus adalah dasar kita untuk bermegah khususnya dalam menghadapi ajaran-ajaran sesat yang bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja. Ingatlah akan kekuatan firman Tuhan yang selalu memampukan kita dan jemaatNya untuk bertahan di dalam Dia Sang Pemilik kita. Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Salam: Pdt. T. Golkaria Nainggolan, M.Th.

BE.128:1 “Ditanda Debatanta”

Ditanda Debatanta na di Ibana i. Na metmet nang na balga di nasa bangso i. Ndang mago loasonNa nang sada sian i. Ditogu do sudena tu hasonangan i. Ditogu do sudena tu hasonangan i.

DOA

Ya Allah Bapa, berkatilah hambaMu untuk kuat dan tangguh dalam memberitakan InjilMu. Amin

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *