NASEHAT UNTUK MENJADI HAMBA YANG BENAR

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Rabu, 18 Mei 2022

1PETRUS 2:11

“Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa”

Setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus adalah hamba Tuhan. Artinya, kita harus menunjukkan kesungguhan dalam menyerahkan seluruh hidup kita hanya untuk Tuhan. Seorang hamba Tuhan tidak boleh meragukan kemahakuasaan Tuhan dalam hidupnya. Itu sebabnya rasul Petrus berpesan mengenai hamba Tuhan yang berkenan di hadapanNya. Kita diingatkan agar menjadi hamba Tuhan yang setia dan taat kepada setiap perintah Tuhan. Ingat dan ketahuilah bahwa sebagai hamba Tuhan, kita diajak untuk mau melawan keinginan daging dan melawan jiwa. Artinya, kita harus lebih mengutamakan apa yang diinginkan Tuhan dibandingkan apa yang diinginkan oleh hawa nafsu kedagingan kita. Kitapun diingatkan untuk selalu siap berbuat baik kepada semua orang di sekitar kita sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhan. Alasan Petrus mengingatkan setiap hamba Tuhan untuk selalu melakukan yang terbaik bagi sesama tentunya agar tidak ada celah bagi siapapun yang membenci Yesus dan pengikutNya untuk mencela atau menjelekkan perilaku para pengikut Yesus. “Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka” (1Ptr.2:12). Memang tidaklah mudah untuk menjadi hamba Tuhan, namun bukan berarti tidak seorangpun akan sanggup menjadi hamba Tuhan yang benar. Kita menyadari bahwa ada banyak hal yang harus dilewati untuk benar-benar menjadi hamba Tuhan yang benar. Ketahuilah, bahwa untuk menjadi hamba Tuhan yang benar kita harus tetap setia, taat kepada Tuhan dalam siatuasi apapun dan kapanpun, termasuk pergumulan berat saat ini karena masih terus berhadapan dengan pandemi covid-19. Jangan pernah menyerah dengan keadaan yang menyesakkan jiwa apalagi sampai membuat kita putus asa. Ketahuilah, bahwa saat kita sanggup menjalani hidup yang penuh dengan tantangan ini dan selalu menjauhkan diri dari segala godaan kejahatan, maka sesungguhnya kita sedang menempa diri untuk menjadi seorang hamba Tuhan yang benar. Mampu menghadapi penderitaan dan tetap setia kepada Tuhan dengan terus melakukan hal yang baik, itulah yang dikehendaki Tuhan bagi kita. Mari saudaraku, untuk bersungguh hati menyingkirkan segala bentuk keinginan daging dan melakukan apa yang diinginkan Tuhan, Amen. Salam: Pdt. Lundu HM. Simanjuntak, D.Min.

BE.277,4 “Marsada Roha Hita”

Suman tu paisolat Harohaonta be, Lam leleng, lam marbolat do sian sasude. Na so di Tuhan i Ibana do artanta, HataNa sinjatanta dompak na holom i.

DOA

Ya Allah Bapa, berkatilah hambaMu untuk menyingkirkan segala bentuk keinginan daging. Amin

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *