TUHAN MENYERTAI KITA!

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Kamis, 19 Mei 2022

YEREMIA 30:11

“Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah.”

Aku menyertai engkau! Itulah janji Tuhan yang disampaikan kepada umatNya Israel di zaman Yeremia dan bagi kita umatNya saat ini. Allah menyertai kita adalah janji Tuhan kepada setiap orang yang dikasihiNya. Kata “menyertai” artinya bersama-sama, jadi Allah bersama-sama dengan kita, bahkan tinggal dalam kita sebagai orang yang dikasihiNya. Allah menyertai artinya Allah yang akan membela setiap perkara kita, Tuhan akan menjawab pergumulan kita, menuntun, menolong dan membawa kita berjalan dalam rencana Tuhan. Bersama dengan Allah kita pasti menang dan bahkan lebih dari seorang pemenang. Penyertaan Tuhan tidak dibatasi waktu dan tempat, penyertaanya selama-lamanya. Allah menyertai kita sampai kesudahan zaman, sampai akhir kehidupan kita (Matius 20:28). Kalau saat ini kita memiliki pergumulan, persoalan dan masalah, masa depan yang tidak jelas karena pandemi COVID-19 yang masih terus melanda dan belum ada obatnya, kita harus bangkit dan percaya, Allah menyertai kita dan bersamaNya semuanya pasti bisa kita lewati. Penyertaan Tuhan juga membuat semuanya menjadi mudah; apa yang mustahil bagi manusia tidak mustahil bagi Tuhan. Kunci penyertaan Tuhan yaitu kita harus hidup berkenan di hadapan Tuhan sebab Ia akan menyertai saat kita hidup sesuai dengan kehendakNya. Bahkan kita juga perlu meminta penyertaan Roh Kudus agar kita dibimbing ke arah yang benar dan menuju kepada kebajikan. Mari kita senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan, karena saat kita memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, hidup kita akan selalu disertaiNya. Selain itu kita perlu memiliki kerendahan hati. Artinya, kita menyadari kelemahan kita, dan mengakui ke-Mahakuasaan Tuhan dan sepenuhnya mengandalkan dan mengantungkan hidup kepadaNya. Sebagai orang yang hebat kita bisa jatuh, namun hanya dengan penyertaan Tuhan kita dapat menjadi orang yang tangguh menjalani kehidupan ini. Tuhan akan meneguhkan kita sehingga sekalipun kita jatuh, kita tidak akan sampai tergeletak. Tuhan akan memberikan pertolongan kepada kita tepat pada waktunya. Karena itu, serahkanlah hidupmu kepadaNya, biarkan TUHAN yang menyertai dan bekerja atas hidupmu. Selamat menghidupi penyertaan Tuhan. Amin. Salam: Pdt. Pantas Parapat, M.Th.

BE.217,1 “Jahowa Do Donganku”

Jahowa do donganku Tung ise alongki ? Tangiang ni rohangku Padaohon musu i. Hasian ni Debata Au Kristus ulungki. Tung aha hatahata Ni panginsahi i ?

DOA

Ya Allah Bapa, Teguhkanlah imanku dan ajarlah aku untuk selalu berserah kepadaMu. Amin

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *